SELAMAT DATANG DI "KOLEKSI ROBOT"

Robot ASIMO Dikendalikan Pakai Tenaga Pikiran

Kamis, 09 Juni 2011





Robot spektakuler buatan Honda, ASIMO sudah semakin canggih aja gan.
Teknologi terkini yang sedang mereka kembangkan saat ini memungkinkan manusia mengendalikan ASIMO dengan hanya menggunakan tenaga pikiran saja!!

Teknologi Brain-Machine Interface (BMI) tersebut dikembangkan Honda bersama dengan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan Shimadzu Corporation. Penelitian tersebut juga terdiri atas sebuah helm sensor-laden yang dapat mengkalkulasi aktivitas otak User dan sebuah komputer yang dapat menganalisa pola aktivitas otak User dan mengirimkannya ke ASIMO dalam bentuk sinyal.

Perintah2 yang dapat dilakukan ASIMO memang belum mendetail. Contoh: Ketika User berpikir untuk menggerakkan tangan kiri, ASIMO akan mengangkat tangan kirinya. Ketika User berpikir untuk menggerakkan kaki, ASIMO akan mulai berjalan. Lalu ketika User berpikir untuk menggerakkan lidah, ASIMO akan menaruh tangan di depan mulutnya.
Walau belum bener2 detail... tapi sudah merupakan pencapaian yang luar biasa kan...

Teknologi presisi tinggi BMI, bekerja berdasarkan 3 pengukuran aktivitas otak.
Sensor Electroencephalography (EEG) mengukur fluktuasi di dalam potensial elektrik di atas kepala yang muncul setiap kali User berpikir. Sementara itu Sensor Near-Infrared Spectroscopy (NIRS) mengukur setiap perubahan di dalam aliran darah cerebral. Teknologi ekstraksi informasi yang terakhir dikembangkan dapat memproses data-data kompleks dari dua tipe sensor di atas, sehingga hasil pembacaannya menjadi sangat akurat. Sistem dilaporkan memiliki rata-rata akurasi lebih dari 90%.

Penggunaan Sensor EEG dan NIRS menjadikan sistem baru lebih compact daripada sistem BMI sebelumnya yang terlalu mengandalkan bulkier teknologi FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging). Walaupun sistem yang ada sekarang sudah sangat kecil ukurannya, developer sedang berencana untuk memperkecil ukurannya lagi.

Honda, yang sudah menangani penelitian BMI dan mengembangkannya bersama ATR sejak 2005, sedang berencana untuk mencari kemungkinan kelak dapat mengembangkan teknologi interface dengan artificial intelegence (intelejensi buatan) dan robotic untuk menciptakan alat yang dapat dikendalikan oleh User tanpa harus bergerak secara fisik!!

Mantap ya gan.... Teknologi berkembang seperti di pilm2.... Semoga besar manfaatnya buat kita smua, jangan sampe disalahgunain...

 
© Copyright 2010-2011 Koleksi Robot All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.