SELAMAT DATANG DI "KOLEKSI ROBOT"

Robot Mannequin "Sense-Roid" bisa membalas pelukan manusia

Jumat, 24 Juni 2011



TEMPO Interaktif, Tokyo:Insinyur Jepang menciptakan mannequin khusus untuk orang kesepian. Mannequin bernama "Sense-Roid" bisa membalas pelukan manusia. Bisa digunakan sebagai terapi bagi orang kesepian.

Robot pemeluk manusia ini berbentuk menyerupai mannequin yang biasa digunakan tukang jahit. Kulit robot terbuat dari silikon yang dipasangi sensor tekanan. Sensor ini dihubungkan dengan jaket manusia dan bisa mengembang meniru pelukan manusia.

Jaket khusus ini disebut sebagai "tactile jacket" yang ditanami otot buatan dan alat getar khusus. "Banyak orang kaget dan tidak nyaman dengan pengalaman berpelukan ini. Namun lama-kelamaan mereka menjadi terbiasa dan nyaman," ujar Nobuhiro Takahashi dari University of Electro-Communications, Tokyo.

Menurut dia, manusia kerap merasa kikuk ketika memeluk orang asing. Namun rasa kikuk ini hilang jika yang dipeluk adalah anggota keluarga atau pacar.

"Dari sini kami berimajinasi, bagaimana rasanya jika manusia bisa memeluk diri sendiri," kata dia.

Ke depannya, robot pemeluk ini bisa digunakan untuk terapi medis bagi orang tua yang tinggal sebatang kara. Sayangnya, belum ada rencana pasti apakah robot ini akan diproduksi massal.

Saat ini "Sense-Roid" dipajang pada pameran 3 Dimensi dan Realitas Virtual yang diadakan di Tokyo sejak Rabu, 22 Juni 2011.

sumber http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2011/06/25/brk,20110625-343213,id.html

 
© Copyright 2010-2011 Koleksi Robot All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.